> VILLA MERAH JAKARTA: DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Sabtu, 07 Juli 2012

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL


Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah. Pada prinsipnya dkv adalah perancangan untruk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yg komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran. elemen desain komunikasi visual adalah gambar/ foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. baik media cetak, massa, elektronika maupun audio visual. akar bidang dkv adalah komunikasi budaya, komunikasi sosial dan komunikasi ekonomi. Tidak seperti seniman yang mementingkan ekspresi perasaan dalam dirinya, seorang desainer komunikasi visual adalah penterjemah dalam komunikasi gagasan. Karena itulah dkv mengajarkan berbagai bahasa visual yang dapat digunakan untuk menterjemahkan pikiran dalam bentuk visual.


Career Opportunities
Desain Komunikasi Visual sering dipergunakan untuk mengantisipasi berbagai persoalan, baik persoalan komunikasi sosial, maupun komersial. Dewasa ini, berbagai institusi dan kegiatan industri banyak membutuhkan tenaga ahli Desain Komunikasi Visual untuk mengkomunikasikan kegiatan dan memasarkan produknya.Semester itu di Indonesia, kegiatan Industri Komunikasi telah terkonsentrasikan pada bidang Industri Penerbitan atau Grafika, Industri Periklanan dan Penyiaran Televisi. Volume dan intensitas kegiatan ke tiga bidang industri tersebut telah berkembang pesat dan memerlukan dukungan tenaga kerja ahli DKV yang kompeten. Sebab itu, dalam rangka menyusun konsep Program Studi Desain Komunikasi Visual (FSRD-ITB), dilakukan pengamatan terhadap perkembangan kebutuhan dan konsentrasi pekerjaan ahli Desain Komunikasi Visual di masyarakat saat ini dan masa mendatang. Dengan pengamatan tersebut, diharapkan dapat dirumuskan tujuan pendidikan, agar menghasilkan lulusan yang dapat memenuhi kebutuhan yang ada dan memiliki kompetensi seperti yang dipersyaratkan.  Semester itu di Indonesia, kegiatan Industri Komunikasi telah terkonsentrasikan pada bidang Industri Penerbitan atau Grafika, Industri Periklanan dan Penyiaran Televisi.
Alumni PS Desain Komunikasi Visual  ITB saat ini terserap  pada berbagai lapangan kerja, diantaranya :•           Biro Desain (Graphic House : le boye, ad value, integra dsb)
•           Biro iklan (Advertising : ogilvy, mc Caan, fortune dsb)
•           Percetakan dan penerbitan (Gramedia, Tempo dsb)•           Rumah produksi multi media (BDI, AvantGarde, dsb)
•           Biro Animasi (Red Rocket, dsb)
•           Pertelevisian  (RCTI, SCTV, TRANS, TPI dsb)
•           Humas  / public relation lembaga swasta dan  pemerintah.
•           Wiraswasta dan lainnya.
Semester itu di Indonesia, kegiatan Industri Komunikasi telah terkonsentrasikan pada bidang Industri Penerbitan atau Grafika, Industri Periklanan dan Penyiaran Televisi.Biro Desain ( : le boye, ad value, integra dsb) Biro iklan ( : ogilvy, mc Caan, fortune dsb) Rumah produksi multi media (BDI, AvantGarde, dsb) Biro Animasi (Red Rocket, dsb) Pertelevisian  (RCTI, SCTV, TRANS, TPI dsb) Humas  / lembaga swasta dan  pemerintah. Wiraswasta dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar